Jumat, 05 Juli 2013

TANDA SYUKUR DAN SABAR

TANDA SYUKUR DAN
SABAR

Ujian kehidupan selalu memiliki dua bentuk; kenikmatan dan kesengsaraan. Ada kekayaan dan kemiskinan. Ada kesehatan dan penyakit. Ada kesempurnaan fisik dan ada kecacatan fisik. Ada kelapangan dan ada kesempitan. Ada jalan mendaki dan ada jalan menurun. Dalam semua keadaan tersebut, kita sedang diuji.

Seorang muslim yang baik akan menerima ujian kelapangan, kekayaan, kesehatan dan kenikmatan dengan sikap syukur. Ia akan menerima ujian kesempitan, kemiskinan, penyakit dan kesusahan dengan sikap sabar.

Syukur dan sabar adalah sebaik-baik kendaraan untuk mengarungi ujian kehidupan.

Bagaimana cara yang benar untuk mengukur tingkat kesabaran dan kesyukuran kita? Tentang hal ini, sahabat Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu ‘anhu berkata: “Saya telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:
« ِﻥﺎَﺘَﻠْﺼَﺧ ْﻦَﻣ ﺎَﺘَﻧﺎَﻛ ُﻪَﺒَﺘَﻛ ِﻪﻴِﻓ
،ﺍًﺮِﺑﺎَﺻ ﺍًﺮِﻛﺎَﺷ ُﻪَّﻠﻟﺍ ْﻦَﻣَﻭ ْﻢَﻟ
ﺎَﻧﻮُﻜَﺗ ِﻪﻴِﻓ ُﻪْﺒُﺘْﻜَﻳ ْﻢَﻟ ﺍًﺮِﻛﺎَﺷ ُﻪَّﻠﻟﺍ
،ﺍًﺮِﺑﺎَﺻ ﺎَﻟَﻭ ْﻦَﻣ َﺮَﻈَﻧ ِﻪِﻨﻳِﺩ ﻲِﻓ ﻰَﻟِﺇ
ْﻦَﻣ ُﻪَﻗْﻮَﻓ َﻮُﻫ ﻯَﺪَﺘْﻗﺎَﻓ َﺮَﻈَﻧَﻭ ،ِﻪِﺑ ﻲِﻓ
ُﻩﺎَﻴْﻧُﺩ ﻰَﻟِﺇ ْﻦَﻣ َﻮُﻫ َﺪِﻤَﺤَﻓ ُﻪَﻧﻭُﺩ
ﻰَﻠَﻋ َﻪَّﻠﻟﺍ ﺎَﻣ ُﻪَﻠَّﻀَﻓ ِﻪِﺑ ُﻪَﺒَﺘَﻛ ِﻪْﻴَﻠَﻋ
ﺍًﺮِﻛﺎَﺷ ُﻪَّﻠﻟﺍ ْﻦَﻣَﻭ ،ﺍًﺮِﺑﺎَﺻَﻭ َﺮَﻈَﻧ
ِﻪِﻨﻳِﺩ ﻲِﻓ ﻰَﻟِﺇ ْﻦَﻣ َﻮُﻫ َﺮَﻈَﻧَﻭ ،ُﻪَﻧﻭُﺩ
ُﻩﺎَﻴْﻧُﺩ ﻲِﻓ ﻰَﻟِﺇ ْﻦَﻣ َﻮُﻫ َﻒِﺳَﺄَﻓ ُﻪَﻗْﻮَﻓ
ﻰَﻠَﻋ ُﻪَﺗﺎَﻓ ﺎَﻣ ُﻪْﻨِﻣ ْﻢَﻟ ُﻪَّﻠﻟﺍ ُﻪْﺒُﺘْﻜَﻳ
ﺍًﺮِﻛﺎَﺷ ﺍًﺮِﺑﺎَﺻ ﺎَﻟَﻭ »
“Ada dua sifat yang jika terdapat pada diri seorang hamba, niscaya Allah mencatat hamba tersebut sebagai seorang hamba yang bersyukur dan bersabar. Dan barangsiapa pada dirinya tidak terdapat dua sifat tersebut, maka  Allah tidak mencatatnya sebagai hamba yang bersyukur dan tidak pula hamba yang bersabar.

Barangsiapa melihat dalam perkara agama kepada orang yang posisinya lebih tinggi darinya, lalu ia mencontoh orang tersebut, dan dalam perkara dunia ia melihat kepada orang yang lebih rendah darinya sehingga ia memuji Allah atas karunia yang dengannya Allah melebihkan dia dari orang lain tersebut, niscaya niscaya Allah mencatat dirinya sebagai seorang hamba yang bersyukur dan bersabar.

Dan barangsiapa melihat dalam perkara agama kepada orang yang posisinya lebih rendah darinya dan dalam perkara dunia ia melihat kepada orang yang lebih tinggi darinya sehingga ia sedih atas nikmat yang luput darinya, niscaya Allah tidak mencatat dirinya sebagai seorang hamba yang bersyukur dan bersabar.” (HR. Tirmidzi no. 2512, dia berkata: Hadits hasan gharib)

Jika kita melihat orang lain lebih pandai membaca Al-Qur’an, lebih banyak hafalan Al-Qur’annya, lebih istiqamah menjaga shalat wajib lima waktu secara berjama’ah di masjid, lebih tekun berdakwah, lebih sabar mendidik keluarganya, lebih banyak berkorban di jalan Allah…lalu kita kagum kepadanya dan mencontoh jalannya, maka kita termasuk hamba Allah yang pandai bersyukur dan bersabar.

Jika kita melihat orang lain lebih
banyak hartanya, lebih maju
perusahaannya, lebih cantik istrinya, lebih banyak anaknya, lebih kekar badannya, lebih besar rumahnya, lebih mewah kendaraannya, lebih mudah hidupnya…lalu kita iri kepadanya, menganggap nikmat yang dikaruniakan Allah kepada kita terlalu sedikit dan murah…maka kita tidak termasuk hamba Allah yang pandai bersyukur dan bersabar.

Dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:
« ﺍﻭُﺮُﻈْﻧﺍ ﻰَﻟِﺇ ْﻦَﻣ ،ْﻢُﻜْﻨِﻣ َﻞَﻔْﺳَﺃ
ﺎَﻟَﻭ ﺍﻭُﺮُﻈْﻨَﺗ ﻰَﻟِﺇ ْﻦَﻣ ،ْﻢُﻜَﻗْﻮَﻓ َﻮُﻫ
ُﺭَﺪْﺟَﺃ َﻮُﻬَﻓ ْﻥَﺃ ﺎَﻟ َﺔَﻤْﻌِﻧ ﺍﻭُﺭَﺩْﺰَﺗ
ْﻢُﻜْﻴَﻠَﻋ ِﻪﻠﻟﺍ »
“Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian (dalam hal urusan dunia) dan jangan melihat kepada orang yang lebih tinggi dari kalian (dalam hal urusan dunia), karena hal itu lebih layak agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah kepada kalian.”(HR. Muslim no. 2963, Tirmidzi no. 2513 dan Ibnu Majah no. 4142)

Kini saatnya kita menilai diri kita sendiri, sudahkah kita memenuhi tanda-tanda hamba yang syukur dan sabar sebagaimana dikhabarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di atas? Wallahu a’lam bish-shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon dukungan komentarnya ya